04 Agustus 2008

Obat Panu

Pernah panuan? Ngeri Kan! Walaupun tidak berbahaya, panu dapat membuat penderitanya malu dan minder. Pada sebagian orang yang rentan secara kejiwaan, panu bahkan menyebabkan mereka menarik diri dari pergaulan. Tentunya, dalam jangka panjang, 'efek samping' panu ini akan lebih serius dan lebih sulit diatasi. So, agar terhindar dari semua itu, ganyang panu sekarang juga.

Panu disebabkan oleh jamur yang bernama Malassezia furfur (dulu dipanggil Pityrosporum ovale). Pada pemeriksaan KOH, jamur ini tampak sebagai hifa pendek (semacam tangkai-tangkai) dan spora bulat (semacam buah) berkelompok.

Selain pemeriksaan KOH, petugas medis juga biasanya melakukan tes lampu wood untuk memastikan apakah pulau-pulau putih di kulit tersebut benar-benar panu. Jika positif panu, saat penyinaran akan tampak warna kuning keemasan.

Setidaknya, ada 3 golongan obat panu yang tersedia di pasaran maupun yang digunakan di masyarakat, yaitu :

  1. Obat panu tradisional. Ada banyak obat tradisional untuk panu. Beberapa diantaranya adalah: (1) Jahe diparut lalu dicampurkan remasan semut hitam dan diberi minyak kayu putih, kemudian digosokkan pada kulit yang berpanu; (2) Daun ketepeng cina diremas dan bubuhi sedikit garam lalu gosokkan pada panu; (3) Lengkuas di potong kemudian digosokkan langsung pada panu; (4) dan lain-lain. Sayangnya, obat-obat ini belum melalui uji klinis, jadi tidak bisa ditentukan dosis yang pas seberapa, pemakaian yang ideal berapa lama, efektifitasnya memberantas panu seberapa manjur, dll.
  2. Obat panu oles. Obat panu oles hanya digunakan jika panunya masih kecil dan terbatas pada daerah tertentu saja. Obat oles ini tersedia di toko obat atau apotik. Umumnya mengandung ketokonazol, klotrimazol, atau terbinafin (lihat di label obat yang dibeli).
  3. Obat panu minum. Nah, untuk panu yang sudah menyebar di sekujur tubuh, dianjurkan untuk menggunakan obat minum. Memakai obat oles juga bisa, tetapi tidak efektif, karena memerlukan banyak sekali obat dan belum tentu semua daerah panu terolesi. Obat minum untuk panu yang manjur umumnya mengandung ketokonazol, flukonazol, atau itrakonazol. Sedangkan obat minum yang mengandung griseofulvin dan terbinafin tidak efektif untuk mengatasi panu. Sebagai catatan, obat ini hanya bisa dibeli dengan resep.

Bacaan :

  1. Tinea versicolor.
  2. Panu (Pityriasis Versikolor).
  3. Mengatasi Panu, Kudis, Kadas, Kurap.
  4. Treatment of Tinea Versicolor.

5 komentar:

  1. obat panu (salep) yg dijual bebas apakah aman untuk ibu hamil?

    BalasHapus
  2. obat panu (salep) yg dijual bebas apakah untuk ibu hamil?

    BalasHapus
  3. TRIMS YA CS AKU JG LG PANUAN NI,HOOOOOOOO HOOOOO

    BalasHapus
  4. apa semua bintik-bintik putih itu bisa di anggap panu?

    BalasHapus
  5. Bisa kasih tahu nama obat panu yang untuk diminum? soalnya pembokatku panunan, kasian anakku nanti ketularan.

    BalasHapus

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)