26.10.09

Makanan Penambah Darah

Tanya:

Akhir-akhir ini saya sering pusing, mata berkunang-kunang, dan merasa lemas. Apakah saya menderita kurang darah? Makanan apa yang dapat menaikkan darah?

Jawab:

Orang yang menderita darah rendah atau Hb (hemoglobin) rendah atau anemia akan mengalami gejala seperti gampang lelah, lemas, pucat, jantung berdebar kencang, napas pendek atau kliyengan. Jika anemianya berat maka dapat timbul nyeri dada, bising jantung, detak jantung meningkat, atau pingsan.

Salah satu jenis anemia yang sering terjadi adalah anemia karena kekurangan zat besi (anemia defisiensi Fe). Untuk mengatasinya maka harus banyak makan makanan yang kaya zat besi, contohnya: daging merah, hati, ikan, sayuran hijau, kacang-kacangan, tahu, tempe, dll. Jika kurang maka dapat ditambah dengan konsumsi tablet suplemen besi.

Perlu diingat, untuk pembentukan sel darah merah juga dibutuhkan protein dan karbohidrat. Oleh karena itu, agar terhindar dari anemia maka menu makanan harus seimbang, yaitu 60-70% karbohidrat (nasi, ubi, tepung, dll), 10-15% protein (ikan, daging, telur, dll), 20-25% lemak (minyak goreng, mentega, dll), serta vitamin dan mineral.




Terima kasih sudah membaca artikel "Makanan Penambah Darah (,)", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    4 komentar:

    Catatan Hendra said...

    yang beber apa?

    Chandra fernando sirait said...

    untuk menjaga tubuh tetap fit
    harus diberi asupan gizi yang seimbang

    tambahan untuk mengobati penyakit anemia juga dibutuhkan asam folat, disamping sudah ada pemberian preparat Fe++ dan butuh juga vitamin B complex untuk membantu pembentukan darah.

    thanks

    Adri said...

    Berapa lama? Atau dibutuhkan supaya darah normal kembali?

    Seminar Jakarta Indonesia 2011 said...

    Kalo Daerah kepala tegang seperti uratnya begitu apakah darahrendah ya !!

    Post a Comment

    DISCLAIMER

    Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)