19 November 2009

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat

Tanya

Telapak tangan saya suka berkeringat, tidak peduli cuaca panas atau dingin. Apakah penyebabnya?

Jawab

Seperti halnya permukaan tubuh yang lain, telapak tangan juga memiliki kelenjar keringat. Pada situasi tertentu, misalnya cuaca panas atau tegang, kelenjar keringat di telapak tangan tersebut akan mengeluarkan keringat. Hal ini normal saja.

Pada sebagian orang, telapak tangan mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, walaupun suasana lingkungan biasa saja. Gejala ini disebut hiperhidrosis. Penyebabnya adalah aktifitas berlebihan saraf simpatetik yang terletak di daerah dada, yang salah satu perannya mengontrol pengeluaran keringat di telapak tangan.

Telapak tangan berkeringat akibat gangguan saraf simpatetik harus dibedakan dengan keringat berlebihan pada penyakit hipertiroid, menopause, atau kegemukan. Pada kasus yang terakhir, keringat berlebihan juga timbul pada bagian tubuh lainnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)