15.1.10

Gejala Hernia

Hernia, ada yang menyebutnya dengan istilah 'turun perut', 'turun bero', adalah keluarnya usus lewat lubang di dinding perut. Lubang ini bisa terdapat di pangkal paha (hernia femoralis), alat kelamin pada pria (hernia scrotalis), bekas irisan bedah (hernia insisional), pusat perut (hernia umbilikalis), dll.

Gejala hernia terbagi menjadi tiga golongan yaitu gejala pada hernia yang masih dapat masuk, gejala pada hernia yang sudah tidak dapat masuk, dan gejala hernia yang terpuntir.

# Hernia yang masih dapat masuk

  • Tampak sebagai benjolan di pangkal paha atau dinding perut yang tidak nyeri saat ditekan.
  • Benjolan akan membesar saat berdiri atau jika tekanan dalam perut meningkat misalnya saat batuk.
  • Dapat masuk sendiri atau didorong masuk kembali ke dalam perut.

# Hernia yang tidak dapat masuk

  • Benjolan tidak dapat masuk kembali ke dalam perut.
  • Dapat timbul dalam waktu lama (kronik) tanpa disertai nyeri.
  • Dapat mengalami pemuntiran.
  • Ada gejala penyumbatan usus seperti mual dan muntah.

# Hernia terpuntir

  • Merupakan hernia yang tidak dapat masuk kembali, usus yang terjebak terhenti suplai darahnya.
  • Hampir selalu nyeri, disertai tanda-tanda penyumbatan usus seperti mual dan muntah.
  • Penderita tampak sangat kesakitan dengan atau tanpa disertai demam.
  • Merupakan kedaruratan bedah, artinya harus menjalani pembedahan secepat mungkin.



Terima kasih sudah membaca artikel "Gejala Hernia (,)", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    16 komentar:

    Riko said...

    helo nama saya riko saya seorang pria berusia 23 tahun saya mengalami penyakit dalam sudah 3 tahun tetapi saya belum pernah memeriksa ke dokter...
    pinggang kanan dan perut kanan saya sakit, pinggang kanan saya kalau dibuat duduk keram, sakit dan rasanya seperti kurang minum air tetapi kalo jalan dan lari tidak keram atau sakit saya sering joging atau bermain bola tapi tidak sakit..
    kalo perut kana saya sakit apabila kecapean atau lari i2 pun jarang2 sakit tetapi ada benjolan di pinggang kanan saya kalo usus buntu saya gak yakin coz saya mencoba menekan tapi tidak sakit...
    kira2 i2 penyakit ap yeah..??
    makasi yeah...

    WartaMedika.Com said...

    Banyak kemungkinan penyebab benjolan di sebelah kanan. Bisa hernia, ginjal, usus, atau tumor. Untuk mengetahuinya secara pasti dibutuhkan pemeriksaan fisik, pemeriksaan USG, dll. Silakan berkonsultasi ke pusat kesehatan terdekat.

    yeh umbul said...

    makasih artikel nya.;......

    yanti said...

    Saya punya putra umur 6 tahun,dia juga kena gejala hernia tapi tidak nyeri dan tidak terasa apa cuma kalo nangis terlalu kenceng dan batuk gitu keluar benjolannya tapi dapat dimasukkan kembali yang saya tanyakan apakah nantinya hernia itu bisa sembuh dengan sendirinya atau memang harus dengan jalan operasi ?

    WartaMedika.Com said...

    #Yanti: Jika tidak memberikan keluhan biasanya hanya dilakukan kontrol. Sebaiknya anak ibu diperiksakan ke dokter penyakit dalam atau dokter bedah.

    Anonymous said...

    Hi... saya Heru.
    Anak saya berumur 4,9 tahun. Sejak bulan April kemarin, pada pangkal kanan alat vitalnya sering muncul benjolan dan rasanya sakit sehingga dia tdk bisa beraktifitas seperti anak2 yg lain. Benjolan itu munculnya cuman sesaat setelah itu, dia dpt bermain seperti biasa. Kira2 ini penyakit apa ya?? Apakah bisa disembuhkan???

    iin said...

    helo saya iin 19 tahun
    sudah lama saya alami da benjolan diantara pangkal paha dibawah perut saya, kadang suka sakit, dan apabila saya tekan benjolan itu hilang.
    kira2 ni penyakit apa ya? apa bisa disebut hernia?

    aris said...

    hallo say aris 25thn
    sudah 1 minggu ini saya merasakan nyeri pada buah pelir dan sakit pada pinggang, serta ada benjolan disalah satu buahnya tetapi saat ini benjolannya agak mengecil, kira2 ini penyakit apa ya? dan apa yang harus saya lakukan?

    thelicker said...

    saya mau tanya..saat ereksi, muncul semacam benjolan di bawah testis (antara penis dan anus)..apakah itu hernia???

    Anonymous said...

    suami saya udh hampir dua minggu ini mengeluhkan adanya benjolan di testis sebelah kiri dan membengkak, kl di sentuh terasa ngilu katanya...terasa sakit kl buang air kecil dan ejakulasi...kemudian bagian bawah perut sblh kiri jg sakit
    aktivitasnya ga berat, tapi justru banyak du2k di depan komputer...mungkinkah hernia?...punya referensi dokter urologi di bandung yg bagus ga?...
    makasih artikelnya....

    CatatanDokter.Com said...

    Sepertinya ada gangguan di testis atau struktur disekitarnya, bisa infeksi atau testis terpuntir. Sebaiknya segera ke dokter.

    Apakah ada rekan2 dari Bandung yang bisa bantu referensi dr. Sp. Urologi di Bandung?

    Anonymous said...

    saya ingin bertanya
    sudah beberapa bulan belakangan saya sering merasakan sakit dibagian perut sebelah kanan bawah apabila terlalu lama tiduran dengan posisi telungkup, tapi tidak ada benjolan sama sekali, kira2 saya sakit apa ya?

    Gcash Termurah Di kotacane said...

    halo pak,anak saya berusia 1,5tahun kalau mau tudur sering membungkuk kejang menarik-narik bajunya...setelah saya lihat ternyata ada benjolan di pangkal paha kanannya. apakah itu hernia pak?namun dia tidak merasakan sakit. apakah bisa penyembuhan tanpa oprasi? mohon bantuannya pak.terimakasih

    CatatanDokter.Com said...

    @GCash: kemungkinan hernia, mengenai perlu tidaknya operasi, harus diperiksa dulu oleh dokter. Silakan konsul dengan dokter terdekat.

    Adi said...

    Hay saya adi,buah zakar saya gede sbelah,tapi tidak sakit bila disentuh,apakah itu hernia..??

    Ady said...

    Sudah lbih 4 tahun buah zakar saya gede sbelah,tapi gede nya pas lagi beraktifitas aja,kalo lagi baring dia kempis sendiri.

    Post a Comment

    DISCLAIMER

    Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)