25 Maret 2010

Buang Air Besar Berdarah

Tanya: Sy minta tlg ni bro, sy sdh sering maaf berak darah tp darahna bcampur dg feces. warna darahna merah tua n kdg mnempel pd feces. kdg2 uda be2rapa hari ilang sendiri n kdg2muncul lg. sy tdk mrasakan skit pd anus hanya kdg2 fecesna keras n sy hrs sdikit ngejan. apa yg trjadi ya pd diri sya? mohon pencerahan. terima kasih. HY

Jawab: Dilihat dari gejalanya, tampaknya ada perlukaan di bagian atas anus atau rektum. Perlukaan besar kemungkinan terjadi pada ambien yang terletak agak kedalam (hemorrhoid interna).

Untuk mencegah agar tidak berdarah lagi, usahakan buang air besar tidak keras. Caranya dengan banyak makan sayuran kaya serat dan buah-buahan. Selain itu, perbanyak juga minum air putih.

Untuk mengetahui penyebab pastinya, perlu dilakukan pemeriksaan colok dubur atau endoskopi. Untuk itu, sebaiknya konsultasi dengan dokter spesialis atau ke rumah sakit.

Demikian, semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)