23 Maret 2011

Bagaimana mengobati anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah gejala ingin selalu buang air kecil. Umumnya disertai rasa nyeri di saluran kencing dan bagian bawah perut. Jika parah, dapat disertai demam dan sakit kepala.

Biasanya, penyebab anyang-anyangan adalah infeksi saluran kemih, disingkat ISK. Organ yang terinfeksi adalah saluran kemih bagian bawah atau uretra (uretritis) dan/atau kandung kemih (sistitis).

Untuk mengatasi anyang-anyangan, maka penyakit dasarnya, yaitu infeksi harus diobati. Untuk itu, dokter akan meresepkan antibiotik, misalnya kotrimoxazol, siprofloksasin, atau golongan antibiotik lain.

Selain antibiotik, jika timbul rasa nyeri, sakit kepala, atau demam, maka akan diberikan pula obat pereda nyeri, pereda sakit kepala, atau pereda demam.

Penderita anyang-anyangan juga dianjurkan untuk minum banyak air putih. Manfaatnya adalah untuk membilas kuman yang berkembang biak di saluran kemih.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)