21 Maret 2011

Buah dan sayuran untuk penderita hipertensi

Pemilihan makanan yang tepat pada penderita hipertensi dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Makanan yang cocok adalah yang mempunyai kadar garam yang rendah. Selain itu, penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayuran.

Jenis buah-buahan yang dianjurkan adalah melon, pisang, dan jeruk. Melon kaya akan kalium, magnesium, dan karotenoid. Pisang banyak mengandung kalium. Jeruk banyak mengandung vitamin C, fitonutrien, dan bioflavonoid.

Sedangkan sayuran yang dianjurkan antara lain tomat, wortel, bunga kol, brokoli, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, dll. Sayuran tersebut kaya akan mineral, vitamin, dan senyawa lain yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko komplikasi hipertensi.

Tapi perlu diingat, dalam pemrosesan dan penyajian buah maupun sayuran, penggunaan garam sebaiknya disesuaikan dengan beratnya hipertensi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)