07 Maret 2011

Mengatasi Eksim pada Bayi

Eksim adalah istilah yang digunakan untuk berbagai jenis peradangan kulit (dermatitis). Pada eksim, kulit terlihat kering dan terkelupas, berwarna kemerahan, dan disertai rasa gatal atau perih. Garukan akibat gatal dapat menyebabkan kulit menebal dan keras.

Banyak faktor yang dapat mencetuskan eksim. Contohnya, kontak kulit dengan sabun, kosmetik, pakaian, detergen, perhiasan, atau keringat. Selain itu, faktor seperti perubahan temperatur dan stres juga dapat menjadi penyebab.

Eksim dapat mengenai siapa saja, termasuk bayi. Bahkan kasus eksim pada bayi jauh lebih tinggi dibandingkan pada orang dewasa.

Pada bayi, eksim paling sering dijumpai di wajah, kepala, leher, siku, atau pada bagian belakang lutut.

Untuk mengatasi eksim pada bayi, American Academy of Pediatrics menganjurkan :

  • Menggunakan lotion atau krim yang direkomendasikan oleh dokter anak.
  • Tidak terlalu sering memandikan bayi, cukup tiga kali seminggu.
  • Memandikan bayi dengan sabun khusus bayi.
  • Menggunakan deterjen ringan untuk mencuci pakaiannya.
  • Memakaikan bayi baju yang lembut dan tidak mengiritasi kulit.
  • Hindari makanan yang diperkirakan dapat mencetuskan eksimnya. Orang tua biasanya tahu jenis makanan apa saja yang membuat eksim bayi muncul atau bertambah parah.

Bacaan: http://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=126464

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)