17 Maret 2011

Obat Cacar Air

Cacar air atau varisela adalah penyakit kulit yang disebabkan virus varicella zoster. Virus ini mudah menular, terutama ke mereka yang belum memiliki kekebalan tubuh.



Pada awal penyakit, gejala cacar air tidak khas. Biasanya hanya berupa demam, sakit kepala, lemah, letih, dan lesu. Barulah setelah beberapa hari, muncul gejala yang membedakan cacar air dengan penyakit lain. Pada fase ini, timbul bintik merah di daerah dada dan punggung. Kemudian menyebar ke wajah dan tungkai. Bintik merah tersebut akan berkembang menjadi lenting yang berisi cairan bening. Setelah beberapa hari, lenting akan kempes dan mengering.



Obat Cacar Air



Cacar air, tanpa pengobatan pun akan sembuh sendiri, asal tidak ada komplikasi infeksi sekunder oleh bakteri. Tetapi, untuk mempercepat penyembuhan biasanya dokter memberikan tablet dan salep asiklovir. Tablet diminum setiap 4 jam selama 7 - 12 hari. Sedangkan salep asiklovir dioleskan 6 kali sehari selama 6 hari.

Selain antivirus asiklovir, dokter juga memberikan obat-obat simptomatik misalnya pereda demam, obat sakit kepala, vitamin, dan lain-lain. Jika sudah ada infeksi sekunder, juga diberikan antibiotik.



Semoga artikel 'obat cacar air' ini bermanfaat adanya :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)