5.6.11

Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) untuk ibu hamil

Penyakit tetanus adalah penyakit yang disebabkan oleh racun kuman Clostridium tetani. Penyakit ini sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan kejang dan kegagalan pernapasan, yang berujung pada kematian.

Pada dasarnya siapa saja dapat terkena penyakit tetanus. Tetapi yang paling rentan adalah bayi baru lahir dan ibu yang melahirkan. Oleh karena itu, kelompok ini menjadi perhatian utama pencegahan penyakit tetanus.

Pencegahan tetanus pada ibu dan bayi dilakukan dengan mengimunisasi ibu yang sedang hamil. Imunisasi diberikan sebanyak 2 kali dan umumnya sebelum usia kehamilan 8 bulan. Imunisasi pertama (TT I) diberikan pada kunjungan pertamakali (K1) ke fasilitas kesehatan. Sedangkan imunisasi kedua (TT II) diberikan 4 minggu setelah suntikan TT I.

Imunisasi diberikan dalam bentuk suntikan dengan dosis 0,5 cc sekali suntik. Lokasi penyuntikan biasanya di lengan atas atau di bokong.

Ada dua manfaat imunisasi tetanus toksoid saat hamil. Pertama, untuk ibu hamil sendiri. Ibu terlindungi dari bahaya tetanus yang mungkin didapat dari proses persalinan maupun dari luka lainnya. Manfaat kedua adalah untuk bayi. Suntikan TT pada ibu dapat melindungi bayi terkena tetanus neonatorum. Tetanus jenis ini menginfeksi bayi akibat proses pemotongan tali pusat yang tidak baik.

Demikian, semoga bermanfaat.




Terima kasih sudah membaca artikel "Imunisasi Tetanus Toksoid (TT) untuk ibu hamil (,)", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    1 komentar:

    Princess Kaurvaki said...

    *Bertanya*
    di Jawa, calon pengantin harus melakukan imunisasi TT1 sebagai persayaratan administrasi pernikahan, tapi disini disebutkan sebelum usia 8 kehamilan... jadi bagaimana kira2 manfaatnya untuk wanita usia subur?? jika nanti tidak ikut TT2 dalam jarak 4 minggu apakah harus mengulang imunisasi TT1& TT2 waktu hamil nanti ya?
    *mohon jawabannya bisa di komen di website saya ya Pak dokter http://vacationto-indonesia.blogspot.com, terimakasih

    Post a Comment

    DISCLAIMER

    Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)