29 Juli 2011

Cara mengurangi bengkak kaki pada kehamilan

Saat hamil, darah dan cairan tubuh akan bertambah sekitar 50% dari biasanya. Hal ini terjadi sebagai akibat reaksi tubuh memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi.

Bertambahnya volume cairan dapat menyebabkan pembengkakan di beberapa bagian tubuh, misalnya kaki, betis, tangan, atau wajah. Keadaan ini dianggap normal dan umum terjadi pada wanita hamil.

Walaupun demikian, pembengkakan yang terjadi tiba-tiba perlu mendapat perhatian. Segera periksakan diri ke dokter atau bidan jika hal itu terjadi. Pasalnya, pembengkakan juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan serius yaitu preeklampsia.

Berikut beberapa cara untuk membantu mengurangi bengkak ‘normal’ saat hamil:

  1. Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Sering-seringlah mengambil jeda dengan berjalan-jalan kecil atau sekedar meregangkan kaki.
  2. Hindari menyilangkan kaki saat duduk.
  3. Kurangi berada di luar rumah jika cuaca panas
  4. Istirahat yang cukup. Saat istirahat, usahakan kaki ditinggikan.
  5. Hindari pakaian yang ketat terutama di bagian pergelangan kaki atau tangan
  6. Minum air dalam jumlah yang cukup karena hal ini membantu mengeluarkan air lebih banyak dari dalam tubuh.
  7. Makan makanan bergizi, hindari junk food.
  8. Kurangi makan garam atau makanan yang asin-asin .
  9. Olahraga secara teratur, misalnya berjalan atau berenang.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)