22.7.11

Tips sehat bagi pekerja malam

Pada umumnya, orang bekerja di siang hari, biasanya dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Pada malam harinya, sudah di rumah untuk istirahat dan tidur.

Begadang karena profesi

Tetapi, tidak demikian halnya pada sebagian orang. Mereka bak kelelawar. Bekerja di malam hari dan tidur di siang hari.

Mereka yang memiliki pola kerja seperti ini tidaklah sedikit. Mulai dari dokter, perawat, paramedik, pekerja pabrik, polisi, pemadam kebakaran, satpam, dll.

Efek buruk

Pola kerja shift malam rentan menimbulkan masalah pada tubuh. Oleh karena itu, agar terhindar dari efek buruk ‘jaga malam’, sebaiknya seseorang harus membayar hutang tidurnya pada siang harinya. Jika tidak, ia mudah mengalami gangguan kesehatan.

Orang yang kurang tidur karena bekerja di malam hari sering kesulitan memfokuskan perhatian, mengalami penurunan daya ingat, mudah tersinggung, dan bahkan depresi. Selain itu, mereka juga cenderung mengalami gangguan lambung, resistensi insulin, atau sakit jantung.

Nah, agar hutang tidur dapat terbayar dengan baik, beberapa tips yang dilansir dari WebMD.Com (17/7/11) mungkin berguna:

  1. Hindari shift beberapa malam berturut-turut. Hendaknya ada jeda istirahat di antaranya.
  2. Hindari shift yang bersambung. Jika memang harus, maka sebaiknya pilihlah shift dari siang ke malam ketimbang dari malam ke siang.
  3. Hindari tinggal terlalu jauh dari tempat kerja sehingga waktu yang sebenarnya untuk tidur tidak habis di jalan.
  4. Usahakan tempat kerja terang benderang. Hal ini akan membantu tubuh untuk mengatur irama sirkadiannya. Irama sirkadian adalah ‘jam tubuh’ yang berfungsi untuk mengatur kapan kita bangun dan kapan kita harus tidur.
  5. Minum kopi ketika mulai shift malam dapat membantu Anda tetap terjaga. Tetapi, jangan minum kopi di akhir shift karena akan menyulitkan Anda tidur di rumah nantinya.
  6. Saat dalam perjalanan pulang, gunakan kaca mata gelap atau topi untuk menghindari cahaya matahari yang terlalu terang. Hal ini akan membantu Anda cepat tidur ketika sampai di rumah.
  7. Usahakan jam tidur – bangun sama setiap kali harus tidur siang.
  8. Batasi panggilan telpon atau menerima tamu saat jam tidur Anda.
  9. Usahakan kamar tidur Anda nyaman dan tidak terlalu terang. Hindari sinar matahari masuk ke kamar karena ini akan menyulitkan Anda tidur.

Demikian, semoga bermanfaat.




Terima kasih sudah membaca artikel "Tips sehat bagi pekerja malam (,)", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    1 komentar:

    Post a Comment

    DISCLAIMER

    Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)