12 April 2012

Umur berapa bayi mulai jalan?

“Dok, aku mempunyai bayi yang umurnya 5 bulan. Aku mau tanya Dok, sebenarnya umur berapa bayi mulai jalan?”



Dalam satu tahun pertama kehidupan bayi, terjadi proses pembelajaran yang luar biasa. Bayi mulai belajar tiarap, merayap, merangkak, dan kemudian berdiri. Proses tersebut tidak dilalui dengan mudah, tetapi penuh usaha yang pantang menyerah.



Saat belajar berdiri, bayi biasanya akan memegang ibunya atau orang lain, atau memegang benda di sekitarnya. Setelah kakinya kuat, bayi mulai belajar melangkah satu-satu.



Usia bayi mulai belajar melangkah adalah antara usia 9 sampai 12 bulan. Pada usia 14 bulan atau 15 bulan, anak biasanya sudah dapat berjalan lancar.



Pada beberapa anak, kemampuan berjalan baru terlihat di usia 16 atau 17 bulan. Walaupun terlambat, hal ini masih dalam batas normal.



Lain halnya jika di usia 18 bulan anak belum bisa berjalan, maka kemungkinan ada gangguan. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter.



Terima kasih, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)