03 Mei 2012

Obat kutu air

“Dok, sudah 3 hari ini kaki saya terkena kutu air. Sela kaki rasanya gatal dan perih. Diobatin pake apa ya Dok? Terima kasih.”



Walaupun namanya diawali dengan kata ‘kutu’, penyakit kutu air tidak disebabkan oleh kutu. Sulit dipercaya memang bahwa penyebab kutu air adalah jamur tak kasat mata, seperti halnya jamur penyebab penyakit panu. Hanya saja golongannya berbeda. Jika panu dari golongan Malassezia sedangkan kutu air dari golongan Trichopyton.



Kunci pengobatan kutu air adalah membunuh jamur penyebabnya. Rata-rata antijamur di pasaran, baik salep maupun tablet dapat membunuh jamur ini. Tapi kalo cuma kutu air, biasanya cukup dengan menggunakan salep.



Salep antijamur yang banyak digunakan untuk memberantas kutu air adalah yang mengandung mikonazol atau klotrimazol. Nama dagangnya beragam, ada ultrasilin, fungiderm, daktarin, dll.



Demikian, semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)