30 Juni 2012

Perhitungan Usia Kehamilan

Salah satu hal yang paling sering ditanyakan pada seorang ibu hamil adalah sudah berapa usia kehamilannya? Biasanya ibu menjawab dengan mengira-ngira berdasarkan bulan ia terlambat haid. Jika lupa, usia kehamilan sering ditebak berdasarkan besarnya kandungan.

Sebenarnya, ada cara praktis dan cukup akurat untuk perhitungan usia kehamilan, yaitu menghitung di kalender berdasarkan HPHT atau hari pertama haid terakhir. Dengan cara ini, usia kehamilan dapat ditentukan dalam hitungan hari, hitungan minggu, atau hitungan bulan. Kelemahan cara ini yaitu, agak susah menghitung secara manual di atas kalender.

Nah, agar lebih cepat, perhitungan usia kehamilan dapat dilakukan menggunakan kalkulator kehamilan. Syaratnya, HPHT harus diketahui. Selain itu, agar lebih akurat, sebaiknya lama setiap siklus haid juga diketahui.

Jika Anda ingin mengetahui berapa usia kehamilan Anda, silakan gunakan Kalkulator Kehamilan, Klik Disini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)