06 Juni 2012

Sakit perut sebelah kanan

Dok, belakangan perut saya sebelah kanan agak ke bawah sering sakit. Tidak sakit-sakit amat sih. Sebenarnya keadaan seperti itu sudah pernah saya alami beberapa bulan yang lalu, tapi tidak sesering sekarang. Sakit apa saya ya Dok? Sekalian obatnya kalo bisa. Terima kasih.



Salah satu penyakit yang sering memberikan gejala sakit perut sebelah kanan bawah adalah radang usus buntu atau appendisitis.



Radang usus buntu terjadi karena meradangnya umbai cacing atau appendiks yang letaknya di perut sebelah kanan bawah. Umbai cacing adalah organ yang salah satu ujungnya menempel dan bermuara ke usus besar, sedangkan ujung yang lain buntu.



Selain sakit perut sebelah kanan bawah, gejala lain yang dapat menyertai radang usus buntu adalah mual, muntah, demam, sakit kepala, diare atau sebaliknya, tidak bisa buang air besar, dll.



Untuk memastikan diagnosis radang usus buntu, dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, antara lain pemeriksaan fisik, laboratorium, dan radiologi. Pada pemeriksaan fisik, dilakukan penilaian teliti di wilayah nyeri misalnya dengan penekanan; pada pemeriksaan laboratorium, dicari tanda-tanda infeksi; dan pada pemeriksaan radiologi dilakukan pemeriksaan USG untuk mendapatkan gambaran usus buntu dan daerah sekitarnya.



Jika diagnosis radang usus buntu sudah ditegakkan, maka dianjurkan untuk diangkat melalui operasi. Pemberian obat-obatan seperti antibiotik memang dapat meredakan keparahan penyakit, tapi sewaktu-waktu radang dapat muncul kembali, bahkan dengan kondisi yang lebih parah. Jika usus buntu pecah atau bocor, sehingga terjadi infeksi seluruh isi perut, maka jiwa penderita dalam keadaan bahaya.

Jadi, jika Sahabat mengalami gejala sakit perut sebelah kanan bawah, waspada radang usus buntu.



Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)