22 Juni 2012

Vaksin Kanker Leher Rahim, Usia Berapa?

Dok, umur berapa seseorang sebaiknya mendapat suntikan vaksin kanker leher rahim (kanker serviks)?



Suntikan vaksin kanker leher rahim (Gardasil atau Cervarix) dianjurkan diberikan pada anak perempuan maupun anak laki-lak yang berusia 11 sampai 12 tahun. Meskipun demikian, vaksin juga dapat diberikan pada anak usia sekitar 9 tahun.



Alasan mengapa vaksin kanker leher rahim diberikan pada usia dini karena pada usia tersebut anak belum aktif secara seksual sehingga belum terlanjur terinfeksi oleh virus human papilloma yang menjadi biang keladi kanker mulut rahim.



Jika pada usia yang dianjurkan belum divaksinasi, maka vaksin tetap dapat diberikan sampai menjelang usia 26 tahun bagi perempuan dan 21 tahun bagi laki-laki. Khusus bagi laki-laki, jika usia 21 tahun juga terlewati, maka tetap dapat diberikan sampai batas usia sama seperti wanita, yaitu 26 tahun.



Bagaimana dengan mereka yang berusia di atas 26 tahun? Bolehkah?



Dari segi keamanan, boleh-boleh saja, karena tidak ada efek samping berbahaya. Hanya saja, dari segi manfaat kurang efektif dibandingkan jika diberikan pada usia di bawah 26 tahun.



Vaksin kanker leher rahim diberikan dengan tiga kali suntikan dalam waktu enam bulan. Suntikan kedua diberikan sekitar satu atau dua bulan setelah suntikan pertama. Sedangkan suntikan ketiga diberikan enam bulan setelah suntikan pertama.



Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

DISCLAIMER

Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)