12.8.12

Arti SGOT / SGPT tinggi

Dok, beberapa hari lalu saya melakukan pemeriksaan lab. Dua diantara hasil tersebut adalah nilai SGOT = 53 dan nilai SGPT=79? Maknanya apa ya Dok hasil pemeriksaan tersebut?

SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) adalah enzim yang terdapat di dalam sel hati. Fungsinya adalah mengkonversi senyawa aspartat dan alfaketoglutarat menjadi oksaloasetat dan glutamat, dan sebaliknya. SGOT disebut juga dengan AST atau aspartate aminotransferase.

SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase) juga merupakan enzim yang terdapat di dalam sel hati. Fungsinya untuk membantu pemindahan gugus amino dari alanin ke alfaketoglutarat. Nama lain SGPT adalah ALT atau alanine aminotransferase.

Jika sel hati normal, maka SGOT dan SGPT tetap berada di dalam sel. Tidak ada atau hanya sedikit yang keluar dari sel dan masuk ke pembuluh darah.

SGOT / SGPT tinggi

Lain halnya jika sel hati rusak dan dindingnya pecah, SGOT dan SGPT akan keluar sel dan masuk ke aliran darah. Akibatnya, kadar SGOT dan SGPT yang harusnya tidak ada atau rendah dalam darah, menjadi tinggi.

Keadaan-keadaan yang dapat menyebabkan kerusakan sel hati antara lain penyakit hepatitis virus, perlemakan hati, keracunan obat, dan lain sebagainya. Keadaan ini, seringkali menyebabkan kadar SGOT dan SGPT tinggi.

Selain di sel hati, SGOT dan SGPT juga ditemukan di otot jantung dan beberapa sel tubuh lainnya. Kerusakan sel jantung akibat serangan jantung juga dapat meningkatkan kadar keduanya.

Kadar normal SGOT adalah sekitar 3-45 u/L dan SGPT adalah 0-35 u/L. Perlu dicatat bahwa nilai standar ini mungkin sedikit berbeda antar laboratorium, tergantung dari teknik pemeriksaan yang digunakan.

Menjawab pernyataan di atas, maka ada kemungkinan telah terjadi kerusakan sel-sel hati. Penyebabnya harus dicari lagi, apakah oleh virus hepatitis atau lainnya. Jika dokter curiga karena virus hepatitis B, dokter biasanya akan meminta pemeriksaan lain untuk mendeteksi virus tersebut, misalnya HBsAg atau PCR.


Terima kasih sudah membaca artikel "Arti SGOT / SGPT tinggi (,)", semoga bermanfaat :)

Anda suka dengan artikel ini? Silakan bagi ke Teman Facebook Anda. Caranya, cukup KLIK disini. Terima kasih ...

Baca juga:

    3 komentar:

    destiny ekasari said...

    Haloo dokter,salam kenal ya...
    Saya mau tny,bagaimana jika kadar SGOTnya sampai 1800 dan SGPTnya 2000?Berbahayakah dok...?Apa penyebabnya,dan bisakah di normalkan kembali?Terima kasih sebelumnya dok...

    Anonymous said...

    maaf mau tanya. apakah merokok itu dapat menyebabkan kerusakan hati juga?
    terima kasih sebelumnya :)

    SUKMADIANI said...

    Maaf Dok, di artikel tertulis kepanjangan:
    SGOT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase)
    SGPT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase)

    Tidak Terbalik ya??
    Terimakasih

    Post a Comment

    DISCLAIMER

    Semua tulisan yang ada dalam situs CatatanDokter.Com hanya bertujuan untuk edukasi dan informasi semata dan tidak dimaksudkan untuk menggantikan nasehat, pemeriksaan, diagnosis dan pengobatan yang dilakukan oleh dokter atau tenaga profesional medis lainnya. Semua informasi mengenai obat-obatan, terapi alternatif, suplemen makanan, dan lain-lain hendaknya tidak digunakan untuk mencegah atau mengobati penyakit. Jika Anda mempunyai masalah medis atau butuh nasehat medis, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda. Kami juga menganjurkan Anda untuk mencari informasi pembanding (second information) terhadap informasi yang ada dalam situs ini. Terima Kasih :)