7 Strategi Mengurangi Biaya Pengobatan Bagian 1 - Catatan Dokter

Post Top Ad

Responsive Ads Here

7 Strategi Mengurangi Biaya Pengobatan Bagian 1

Share This
Cara Menghemat Biaya Pengobatan


Apakah pasien Anda merasa biaya penebusan resep obatnya terlalu mahal ? Mudah-mudahan beberapa tips berikut bisa membantu mengurangi atau mengefisienkan dan mengefektifkan biaya pengobatan.

1. Pastikan Kesanggupan Pasien Menanggung Biaya Pengobatan, Baik Melalui Biaya Pribadi maupun Biaya Asuransi.

Tips pertama ini tidak akan berhasil jika kita tidak bertanya. Tentunya dengan cara elegan yang tidak menyinggung perasaan pasien. Sangatlah penting untuk menginisiasi dan mengarahkan diskusi terkait kemampuan finansial dengan pasien. Pertama-tama, cari tahu jenis obat apa yang tidak mampu ditanggung pasien, lalu cari tahu apakah ada obat sejenis dengan harga yang lebih murah. Hal ini bisa membantu pasien menghemat biaya pengobatannya


2. Jika pasien memiliki Asuransi Kesehatan, Cari Tahu Apasaja Pengobatan Yang Ditanggung oleh Asuransinya


Terkait penggunaan asuransi, pasien dapat digolongkan menjadi salah satu dari tiga hal berikut :

a. Memiliki Asuransi Kesehatan Pribadi: Merupakan asuransi kesehatan personal yang dibayar secara Individual pemilik asuransi seperti inkhealth, allianz, asura, dan lainnya.
b. Memiliki Asuransi Kesehatan Dari Pemerintah: Pasien memiliki asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah seperti BPJS.
c. Tidak Memiliki Asuransi : Pasien ini tidak memiliki asuransi kesehatan, atau asuransi mereka tidak mencakup pengobatan tertentu.

Status asuransi mengimlakan strategi mana yang tepat untuk bisa melakukan penghematan biaya pengobatan. Beberapa alat bantu yang dijelaskan dalam strategi 3 dan 4 memiliki batasan spesifik mengenai jenis asuransi yang harus dimiliki pasien untuk mendapatkan keuntungan.

3. Arahkan Terapi Berdasarkan Formularium


Formularium merupakan daftar obat dan terapi yang ditanggung oleh pihak asuransi. Meresepkan obat sesuai formularium akan menjamin pasien mendapatkan penghematan biaya pengobatan.

Formularium menyediakan informasi seperti obat alternatif yang tercakup, restriksi, dan batasan kuantitas. Kombinasi obat juga bisa bermanfaat bagi pasien. Menggunakan obat kombinasi, bukan dua obat terpisah dapat mengurangi beban pil pasien dan biaya bulanan asuransi terutama asuransi pribadi.

4. Pertimbangkan Program Obat Generik (PDB)

Obat generik adalah obat yang telah habis masa patennya, sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti.

Obat paten adalah obat yang baru ditemukan berdasarkan riset dan memiliki masa paten yang tergantung dari jenis obatnya. Menurut UU No. 14 Tahun 2001 masa berlaku paten di Indonesia adalah 20 tahun.

Penggunaan Obat Generik dapat membantu pasein meenghemat biaya pengobatan karena harganya yang murah. Namun, jika obat generik yang dianggap sebagai alternatif obat bermerek yang lebih murah pun masih dianggap mahal, pasien bisa mengikuti Program Obat Generik (PDB) bila ada..

Program obat generik (PDB), yang ditawarkan oleh rantai farmasi, memberikan diskon terutama pada obat generik per formulatif diskon khusus program. Pasien mungkin dapat menghemat uang untuk pengobatan mereka dengan membayar harga PDB. Program ini memiliki persyaratan kelayakan khusus dan daftar obat yang bervariasi yang didiskontokan melalui program mereka.

Karena PDB bukan merupakan rencana asuransi, penting bagi pasien dengan asuransi menginformasikan apotek mereka untuk menagih PDB untuk resep mereka daripada asuransi utama mereka. Beberapa PDB juga menerbitkan perkiraan biaya obat di luar perkiraan pasien dalam PDB di situs mereka. Mayoritas PDB tidak memiliki biaya pendaftaran tahunan, dan masing-masing program ini dapat berfungsi sebagai bantuan besar bagi pasien.

Salah satu perusahaan yang biasa menyediakan program obat generik adalah Walmart, sayangnya di Indonesia sepertinya udah tutup. Perusahaan lainnya yang bisa digunakan adalah Rite-Aid, Walgreens, dan lainnya.


Ingin Belajar Mengenai Asuransi Kesehatan ? Silakan Download Ebooknya di Ebook Dasar-Dasar Asuransi Kesehatan


Bagian Selanjutnya



Ikuti Update Kami dengan Cara Subscribe Via Email atau Like Fanpage Kami atau melalui Aplikasi Berikut : 


Line : https://line.me/R/ti/p/%40jfu9740t atau @jfu9740t 
Telegram : https://t.me/catatandokter atau @catatandokter 



Artikel Lainnya




loading...

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages