Perkembangan Kemampuan Penglihatan Bayi - Catatan Dokter

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Perkembangan Kemampuan Penglihatan Bayi

Share This
Perkembangan Penglihatan Bayi

Perkembangan kemampun melihat sangat bergantung pada perkembangan tumbuh kembang anak pada keseluruhan, mulai dari daya membedakan sampai pada kemampuan menilai pengertian melihat atau interpretasi dari benda yang dilihat. Walaupun perkembangan bola mata sudah lengkap waktu lahir, mielinisasi* berjalan terus sesudah lahir. Demikian pula ERG** (Electroretinogram mulai dengan gelombang rendah berkembang terus sampai dewasa. Tajam penglihatan anak baru dapat diukur secara kuantitatif pada usia 2 tahun.

Dr. Burke mengatakan kemampuan sistem penglihatan maksimal dicapai pada kira-kira usia 2 tahun, akan tetapi perkembangan penglihatan otak belum sempurna dan menetap hingga usia 8 tahun. Sistem penglihatan bayi mulai berkembang sewaktu masih dalam kandungan. Nutrisi ibu dan suplemen makanan sejak hamil akan mempengaruhi perkembangan bayi termasuk sistem penglihatan. Rokok, Alkohol, dan Obat merupakan toksis (racun) untuk penglihatan.

Berikut tahapan perkembangan penglihatan pada mata bayi :

1. Bayi Pada Bulan Pertama :

Bayi belum terlalu rentan terhadap sinar. Kadang-kadang akan terlihat sedikit juling ke luar atau ke dalam. Untuk membantu penglihatan warnai ruangan dengan warna cerah dan dengan lukisan berwarna kontras dan kuat.

>> Baru Lahir : Menggerakkan kepala ke sumber cahaya kuat.
>> 6 Minggu :

- Mulai Melakukan Fiksasi (Fokus pada satu objek)
- Gerakan Mata Tidak Teratur Ke Arah Sinar

2. Penglihatan Pada Usia 2-3 Bulan

Bayi pada usia 3 bulan dapat menggerakkan mata ke arah benda bergerak. Hingga 3 bulan, struktur jaringan mata tak normal. Pada usia ini mulai terbentuk ketajaman penglihatan mata dan mata mulai bergerak dan mengikuti pergerakan benda dan mulai berupaya mencapai benda yang dilihatnya. Untuk mengasuhnya sebaiknya dilakukan bicara dengan bayi setiap perpindahan tempat.

3. Perkembangan Penglihatan Pada Usia 4-6 Bulan

- Koordinasi penglihatan dengan gerakan mata
- Dapat melihat dan mengambil objek
- Tajam penglihatan*** mencapai 20/200
- Penglihatan warna sama dengan orang dewasa

Pada usia 6 bulan terlihat kemajuan penglihatan yang berpusat pada otak, dimana bayi dapat melihat lebih jelas dan mata bergerak mengikuti gerakannya.

4. Perkembangan Penglihatan Pada Usia 7-12 bulan

Bayi bergerak dengan dasar jarak pada benda yang dihampirinya. Lebih tepat dan lebih serasi memegang benda dan melemparkannya. Pada keadaan ini, diperlukan kewaspadaan pengasuh atas perhatian bayi terhadap benda yang menarik dan berbahaya.


9 Bulan : Tajam penglhatan 20/200
1 Tahun : Tajam Penglihatan 20/100


5. Perkembangan Penglihatan Pada Usia Selanjutnya :

1 Tahun : Tajam Penglihatan 20/100
2 Tahun : Tajam Penglihatan 20/40
3 Tahun : Tajam penglihatan 20/30
5 Tahun : Tajam penglihatan 20/20

Perlu diperhatikan juga hal-hal berikut pada bayi :

1. Kedudukan mata yang tidak sejajar. Bila tidak diamati dengan baik maka dapat terjadi ambliopia
2. Retinopati Pre Maturitas.
3. Nistagmus. Hal ini dapat dilihat pada saat lahir atau beberapa minggu kemudian. Faktor resiko nya adalah gangguan perkembangan saraf optik, albino.
4. Katarak Kongenital





Referensi : Ilyas Sidarta. Ilmu Penyakit Mata. ed.5. Jakarta. Penerbit Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,2014


Catatan Kaki :


* Mielinisasi, yaitu proses pelapisan ujung saraf dengan lemak, yang mempercepat transmisi impuls saraf untuk mendorong fungsi kognitif yang lebih kompleks, terjadi di beberapa bagian otak dalam waktu yang berbeda. Dengan kata lain, ini adalah proses perkembangan fungsi saraf. Semakin dilatih maka akan semakin berkembang. Setiap kali anak mempelajari sesuatu hal yang baru, maka mielin akan berkembang sehingga anak bisa memahami hal baru tersebut. Misal, bagaimana cara memegang berbagai bentuk benda, mengenal bentuk benda dan namanya.

** ERG (Electroretinogram) adalah tes untuk menguji fungsi retina mata

*** Tajam penglihatan menggambarkan kemampuan mata untuk melihat benda pada jarak tertentu. Misalkan penglihatan bayi 20/200, artinya bayi dapat melihat benda pada jarak 20 kaki dimana orang normal dapat melihatnya pada jarak 200 kaki. Biasa juga dipakai notasi 6/6 dalam ukuran meter.



Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel di website kami. Untuk mengikuti Update Artikel Kami, bisa dilakukan dengan Cara Subscribe Via Email atau Like Fanpage Kami atau melalui Aplikasi Berikut :

Line : https://line.me/R/ti/p/%40jfu9740t atau @jfu9740t

Telegram : https://t.me/catatandokter atau @catatandokter





Artikel Lainnya


loading...


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages