Sign (Tanda) Klinis Pada Pasien - Catatan Dokter

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sign (Tanda) Klinis Pada Pasien

Share This
Dalam istilah medis, ada dua hal yang sering digunakan seorang dokter untuk mengidentifikasi  penyakit pasien (mendiagnosa) sebelum dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap pasien. 2 hal itu adalah Symptom dan Sign.

Symptom (gejala) adalah segala berbagai fakta subyektif penyakit atau keadaan pasien yaitu seperti fakta yang dirasakan oleh pasien; perubahan keadaan pasien yang menunjukkan beberapa status tubuh atau mental . Sedangkan sign adalah berbagai bukti objektif suatu penyakit, bukti yang jelas bagi dokter yang memeriksa, sebagai lawan perasaan gejala subjektif pasien (symptom). (disadur dari Kamus Kedokteran Dorland Edisi 29 tahun 2002).

Untuk pembahasan kali ini kami akan mencoba memaparkan istilah-istilah sign (tanda) klinis yang dikenal dalam dunia medis. Istilah-istilah ini kami rangkum dari Kamus Kedokteran Dorland Edisi 29. Jadi, nggak perlu berat-berat bawa dorland lagi kan ??? 

Bagi teman-teman yang hanya ingin mengetahui makna dari istilah tertentu, maka bisa dilakukan pencarian istilah dengan menekan "CTRL + F", lalu masukkan istilah yang ingin diketahui maknanya dan kemudian tekan "ENTER".

Berikut istilah-istilah Sign Klinis yang kami temui di Kamus Kedokteran Dorland Edisi 29 :

1. Aaron's Sign = Perasaan nyeri atau tertekan di daerah epigastrium atau prekordial pada penekanan di atas titik Mc Burney pada appendisitis.

2. Abadie's Sign = Mempunyai 2 makna :
  • (Charles Abadie) ; spasme musculus levator palpebrae superioris, suatu tanda penyakit graves
  • (Jean Abadie) ; Insensibilitas tendon achilles terhadap tekanan, ditemukan pada tabes dorsalis.
3. Air Cushion' Sign = Klemm's Sign = Dalam radiograf pada apendisitis kronik sering terdapat indikasi distensi abdomen di kuadran kanan bawah.

4. Alli's Sign = Relaksasi Fascia diantara Crista ilium dan Trochanter mayor, suatu tanda fraktur collum femoris.

5. Amos's Sign = Nyeri fleksura spinalis, ketika beralih dari posisi berbaring di tempat tidur ke posisi duduk, ia menopang dirinya dengan menempatkan kedua tangan pada tempat tidur jauh di belakang badan.

6. Andre Thomas Sign = Mempunyai 2 makna :
  • Jika selama uji telunjuk-hidung, pasien diminta mengangkat tangan melewati kepala dan kemudian secara tiba-tiba diperintahkan untuk menjatuhkannya di atas kepala, maka lengan tersebut akan terpental kembali ke atas, terlihat pada penyakit cerebellum. Cf. Rebound Phenomenon.
  • Jepitan musculus trapezius menyebabkan bulu roma tegak diatas setinggi lesi medulla spinalis

7. Anghelescu's Sign : Ketdk mampuan menekuk tulang belakang pada waktu berbaring sehingga hanya bertumpu pada kepala dan tumitnya saja, tampak pada tuberkulosis vertebra.

8. to be continued...

    No comments:

    Post a Comment

    Post Bottom Ad

    Responsive Ads Here

    Pages