First Aid di Rumah - Catatan Dokter

Post Top Ad

Responsive Ads Here

First Aid di Rumah

Share This
Oleh dr. Zarvia Utami Sucipto Rasikun


Ibu adalah segalanya bagi anak. Ibu adalah yang pertama bagi anak. Rumah pertama, teman pertama, sahabat pertama, guru pertama, sekolah pertama bahkan dokter pertama. Setelah anak lahir ke dunia maka secara otomatis hilanglah semua kenyamanan yang selama dia dapatkan selama masih di dalam rahim ibu. Termasuk soal kesehatan.

Dulunya untuk menjaga sang calon bayi, ibu tidak perlu repot untuk menjaga sang calon bayi. Cukup ibu yang menjaga dirinya saja maka sang calon bayi dengan sendirinya akan ikut terjaga. Tapi beda halnya jika bayi telah lahir di dunia. Ibu tetap harus menjaga dirinya agar bayi mendapatkan asupan ASI yang cukup. Dan ibu juga harus tetap menjaga bayinya agar tidak terserang penyakit.

Jadi untuk menghindari kepanikan saat bayi/anak sakit, ada beberapa hal yang harus disiapkan Ibu sebagai antisipasi bila tiba-tiba bayi/anak sakit.


1. Termometer

Ntah itu manual ntah itu digital. Tapi nurut saya setiap rumah tangga itu wajib punya alat yang namanya termometer. Termometer adalah alat pengukur suhu tubuh. Untuk cara pemakaiannya bisa ibu-ibu langsung tanyain ke tempat belinya.


Termometer Manual
Termometer Digital















2. Obat Penurun Panas

Ada berbagai macam merek obat penurun panas yang dijual bebas. Tapi nurut saya obat penurun panas yang paling AMAN adalah Paracetamol. Bagi saya paracetamol bukan hanya sekedar obat penurun panas saja. Tapi ini adalah obat Dewa. Karena selain sebagai obat penurun panas kegunaan paracetamol yang lain adalah obat pereda rasa nyeri.

Sediaan untuk paracetamol pun bermacam-macam. Ada yang drops, sirup maupun tablet. Tinggal disesuaikan aja sebenernya dengan umur dan berat badan yang akan menggunakan.


Beberapa merek yang terdapat kandungan paracetamolnya, yaitu :










3. Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon

Khasiat minyak kayu putih dan minyak telon sudah menjadi rahasia umum. Apalagi di negara kita ini. Resep turun temurun dari nenek moyang yang ampuh meringankan berbagai macam gejala penyakit. Dari banyak khasiat 2 minyak ini, ada satu khasiat yang mulai dilupakan banyak orang yaitu mengencerkan dahak.
Caranya gampang banget.

1. Tuangkan 2-3 tetes minyak kayu putih atau minyak telon ke dalam air hangat.
2. Letakkan muka bayi pada arah keluarnya udara. Agar bayi dapat menghirup udara.
3. Dahak jadi encer, pernapasan bayi jadi plong.

4. Vicks Rub
 
Vicks rub adalah sahabat bagi keluarga saya. Jadi dimasa kecil hingga segede ini setiap anaknya batuk pilek, si papa pasti gak pernah absen buat ngegosokin anak-anaknya dengan vicks rub yang udah dicampurin sama minyak kayu putih atau minyak telon sebelumnya di telapak tangan lalu dilumurin deh ke bagian dada dan punggung belakang. Pasti setelah itu anak-anak papa langsung sembuh dan bisa aktivitas lagi. Dan vicks rub ini aman kok digunain segala usia.



5. Sentuhan Pijatan Orang Tua

Kadang saking paniknya orang tua saat bayi/anak sakit mereka sampai lupa bahwa ada obat yang dapat lebih mujarab daripada obat dokter sekalipun. Yaitu setuhan dan pijatan dari orang tua.

Menurut penelitian sentuhan orang tua terkhusus seorang ibu memiliki efek mendalam pada perkembangan bayi. Pijatan kecil setiap hari membantu bayi menjadi lebih tenang, lebih bahagia dan mengurangi kecemasan.
Jadi jangan sering berpikir bahwa obat-obatan adalah yang terbaik.



Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages