Teori Yin dan Yang - Catatan Dokter

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Teori Yin dan Yang

Share This
Secara umum Yin Yang diartikan sebagai dua aspek yang berlawanan dari sesuatu hal atau fenomena alam. Tetapi, sebenarnya Yin dan Yang bukan hanya sekedar deretan suatu hal atau sesuatu yang berlawanan. Konsep tersebut tidak dapat dibatasi dari segala sesuatu di alam semesta ini.

Yin dan Yang adalah ekspresi hubungan sistem profil dan fungsi yang merupakan dinamika antara luar (Yang) dan dalam (Yin) atau atas (Yang) dan dasar (Yin). Dalam tubuh dikatakan, "Yang" cepat dan aktivitas pendek serta "Yin" lambat dan aktivitas lama. Dengan pengukuran alat modern, ditemukan bahwa area Yang mempunyai suhu 0,5-1 derajat celcius lebih tinggi daripada area Yin.



Yin dan Yang didasari pada sifat alamiah Air dan Api. Secara rincinya sebagai berikut :

* Air (Water) dideskripsikan seperti ini : Kedinginan (coldness),  keheningan (stillness), keremangan (dimness), ke bawah (downward), ke arah dalam (inward directions), hambatan (inhibition), etc --> dianggap berhubungan dengan Yin.


* Api (Fire) dideskripsikan seperti ini : panas (heat), gerak (motion), kecerahan (brightness), ke atas (upward), ke arah luar (outward directions), kegembiraan (excitement) , etc --> dianggap berhubungan dengan Yang.

Sebagai contoh :

Seorang wanita 45 tahun mengeluh : merasa tidak berenergi, ketika tidak bekerja dia tidur di sebagian besar waktunya, merasa dingin dan tidak nyaman/sensitif terhadap lingkungan yang dingin, kulitnya lembab dan makanan basah membuat dia mengantuk, kurang punya emosi, ketika dia berbicara hanya bibirnya yang bergerak, jarang berhubungan dengan teman-temannya dan lebih suka menyendiri.

Dari kasus diatas kita dapat menyimpulkan bahwa karakter Yin seperti  Cold (dingin), moist (lembab), pasif, lebih dominan pada wanita ini.


***
Beberapa Hubungan antara Yin dan Yang :


1. Hubungan Kesatuan ( Unity )


Yin dan Yang tidak dipisahkan. Ia ibarat Homeostasis dalam istilah kedokteran konvensional. Tidak akan ada Yin tanpa ada Yang ataupun sebaliknya.



to be continued...


Referensi :


1. Bahan Ajar Kuliah Akupunktur oleh Doctor Chen Shaodong (TCM Department, Xiamen University).
2. Buku Akupunktur Dasar oleh DR. Koosnadi Saputra, dr. Sp. R, dkk



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Pages