Diet Rendah Karbohidrat, Sehatkah?


 

 

Sebagian besar rencana diet, termasuk rencana diet rendah karbohidrat tidak bisa sepenuhnya dipercaya, karena meskipun diet itu berhasil untuk sahabat Anda, tetapi hal itu sangat mungkin tidak berhasil untuk Anda. Bagi mereka yang memiliki masalah berat badan yang serius dan memiliki masalah lain yang menyertainya seperti hiperglikemia (kadar gula darah tinggi), hipoglikemia (kadar gula darah rendah) dll., rencana diet populer biasanya tidak dapat memenuhi kebutuhan individu. 

 

Kita semua adalah individu dan karena itu kita perlu memberi makan diri kita sendiri sebagai individu, karena itu beberapa rencana diet akan lebih bermanfaat bagi masyarakat umum daripada yang lain.

 

Untuk menilai rencana diet mana yang bermanfaat, Anda dapat mengikuti pedoman umum dibawah ini. Pedoman yang kami berikan ini adalah pedoman yang rasional dan merupakan kerangka kerja yang baik yang harusnya digunakan oleh praktisi nutrisi profesional, dan dengan pedoman ini Anda juga bisa membedakan mana rencana diet yang "scam" dimana itu tidak baik untuk tubuh dan mana rencana diet yang aman dan sehat.

  • Diet menawarkan keseimbangan yang cukup dan beragam karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Diet tidak mengecualikan satu kelompok makanan tertentu, dan mendorong konsumsi yang lain secara berlebihan.
  • Diet mendorong olahraga untuk melengkapi kebiasaan makan yang masuk akal.
  • Diet mendorong kesadaran akan ukuran porsi.
  • Diet tidak mendorong penurunan berat badan cepat yang tidak realistis.
  • Diet didukung dengan data penelitian medis.


Sebagai tambahan poin-poin diatas, Kami akan jelaskan diet rendah karbohidrat secara umum, yang tampaknya menjadi pusat perhatian pelaku diet dan peneliti, serta berbagai keterangan penelitian yang bertentangan dengan diet rendah karbohidrat.
 

Diet Rendah Karbohidrat

 

Banyak rencana diet akhir-akhir ini berpusat pada rencana diet rendah karbohidrat. Rencana diet rendah karbohidrat ini dipertimbangkan oleh beberapa priaktisi dan diet enthusiasm, yang lain menganggapnya sebagai gelombang baru dalam pola makan sehat.

 

Diet seperti The New Atkins Diet Revolution (lain kesempatan kita akan membahas terkait diet ini) mempertahankan bahwa orang gemuk sensitif terhadap insulin dan karbohidrat membuat mereka bertambah gemuk.

 

Rencana diet rendah karbohidrat seperti The Zone menetapkan proporsi karbohidrat, protein, dan lemak tertentu yang harus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan sementara lemak dikurangi, sumber energi utama berasal dari konsumsi protein. 

 

Rencana diet rendah karbohidrat seperti Sugar Busters, percaya bahwa gula adalah musuh penurunan berat badan yang paling keji bagi tubuh Anda dan karena karbohidrat adalah makanan yang diproses menjadi gula – karbohidrat harus dibatasi.

 

Diet Scarsdale juga merupakan diet rendah karbohidrat, tinggi protein, dan menawarkan rencana diet ketat selama 2 minggu.

 

Diet populer seperti South Beach Diet dan Carbohydrate Addicts Diet juga merupakan rencana diet rendah karbohidrat yang menjadi populer di kalangan pelaku diet yang telah mencoba dan gagal dalam diet Atkins. Semua diet ini melihat diri mereka sebagai jawaban dunia atas masalah obesitas. 

 

Agar adil, ada banyak makalah penelitian yang signifikan dan mendukung maupun menentang revolusi rendah karbohidrat, namun komunitas medis yang lebih luas belum sepenuhnya memutuskan apakah diet adalah sesuatu yang menguntungkan dalam jangka panjang.

 

Penelitian terbaru oleh Layman et. al., dan Saris telah menemukan bahwa diet rendah karbohidrat dan tinggi protein memberikan sedikit manfaat bagi pelaku diet. Para peneliti menemukan bahwa ketika protein meningkat secara moderat dan karbohidrat menurun secara proporsional, kadar insulin menjadi stabil tetapi tidak ada penurunan berat badan yang signifikan. Saris dalam ulasannya menyimpulkan bahwa kemungkinan diet rendah karbohidrat dan tinggi lemak akan meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan.

 

Meskipun ada banyak bukti yang menentang filosofi rendah karbohidrat, banyak juga bukti yang mendukungnya.

 

Penelitian yang diterbitkan pada bulan Mei 2004, menemukan bahwa ketika pasien yang menjalani diet rendah karbohidrat dibandingkan dengan pasien yang menjalani diet rendah lemak, pasien yang mengonsumsi diet rendah karbohidrat mengalami penurunan berat badan yang lebih besar, penurunan kadar trigliserida, dan peningkatan kadar HDL - dengan kata lain kadar kolesterol mereka telah membaik.

Untuk memperkuat hasil penelitian ini, sebuah penelitian diterbitkan untuk mendukung kemanjuran jangka panjang dari makan diet rendah karbohidrat. Terlepas dari bukti yang mendukung rencana diet rendah karbohidrat, arus utama praktisi kesehatan tetap tidak merekomendasikannya.

 

Poin utama pertentangan dengan diet rendah karbohidrat, tinggi protein adalah bahwa diet tersebut tidak menawarkan keseimbangan dan variasi dan dapat terbukti berbahaya bagi orang yang berisiko terkena penyakit jantung. Terutama dengan rencana diet rendah karbohidrat seperti diet scarsdale, mereka tidak realistis dan tidak dapat dipertahankan dalam jangka panjang menyebabkan terjadinya fenomena diet yo-yo dan tentunya Anda tidak ada mau hal itu terjadi pada Anda, kan?!

 

References:
 

  • Wim HM Saris Sugars, energy metabolism, and body weight control Am J Clin Nutr 78: 850S-857S
  • Donald K. Layman, Harn Shiue, Carl Sather, Donna J. Erickson and Jamie Baum Increased Dietary Protein Modifies Glucose and Insulin Homeostasis in Adult Women during Weight Loss Nutrition.org
  • Yamashita T, Sasahara T, Pomeroy SE, Collier G, Nestel PJ. Arterial compliance, blood pressure, plasma leptin, and plasma lipids in women are improved with weight reduction equally with a meat-based diet and a plant-based diet. Metabolism. 1998 Nov;47(11):1308-14. 
  • Yancy WS Jr, Olsen MK, Guyton JR, Bakst RP, Westman EC. A low-carbohydrate, ketogenic diet versus a low-fat diet to treat obesity and hyperlipidemia: a randomized, controlled trial. Ann Intern Med. 2004 May 18;140(10):769-77.

 


 

 

Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel di website kami. Dapatkan Update Artikel dengan cara mengikuti beberapa Link berikut:


Facebook: https://web.facebook.com/OfficialCatatanDokter
Telegram : https://t.me/catatandokter atau @catatandokter

 

No comments:

Post a Comment

Pages