Kopi Bisa Bikin Umur Panjang?


 

Data WHO tahun 2015 menunjukkan bahwa 70% kematian di dunia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (39,5 juta dari 56,4 kematian). Dari seluruh kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) tersebut, 45% nya disebabkan oleh Penyakit jantung dan pembuluh darah, yaitu 17.7 juta dari 39,5 juta kematian.

Riskesdas 2018 menunjukkan prevalensi Penyakit Jantung berdasarkan diagnosis dokter di Indonesia sebesar 1,5%, dengan peringkat prevalensi tertinggi 

- Provinsi Kalimantan Utara 2,2%,
- DIY 2%
- Gorontalo 2%.

Selain ketiga provinsi tersebut, terdapat pula 8 provinsi lainnya dengan prevalensi yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan prevalensi nasional. Delapan provinsi tersebut adalah:

- Aceh (1,6%),
- Sumatera Barat (1,6%)
- DKI Jakarta (1,9%)
- Jawa Barat (1,6%),
- Jawa Tengah (1,6%)
- Kalimantan Timur (1,9%)
- Sulawesi Utara (1,8%) dan
- Sulawesi Tengah (1,9%). 

Nah, untuk mengurangi resiko penyakit jantung tersebut, udah ada nich penelitian yang bisa dijadikan sebagai bahan rujukan. Kuy, Simak hasil penelitiannya.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

 

Minum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap hari, termasuk kopi bubuk, instan, atau tanpa kafein, dikaitkan dengan penurunan signifikan pada penyakit kardiovaskular/CardioVascular Disease (CVD) dan kematian, dibandingkan dengan menghindari konsumsi kopi. Hal ini merupakan hasil analisis penelitian baru dari UK Biobank Inggris.

 

Kopi bubuk dan kopi instan, bahkan, asupan kopi tanpa kafein juga dikaitkan dengan penurunan risiko aritmia, termasuk fibrilasi atrium. "Studi kami adalah yang pertama untuk melihat perbedaan sub-tipe kopi untuk menemukan perbedaan penting yang mungkin menjelaskan beberapa mekanisme di mana kopi bekerja," Peter M. Kistler, MD, Rumah Sakit Alfred dan Institut Jantung dan Diabetes Baker, Melbourne, Australia, kepada theheart.org | Kardiologi Medscape.

 

"Asupan kopi setiap hari tidak boleh diremehkan oleh dokter melainkan dianggap sebagai bagian dari diet sehat," kata Kistler. "Studi ini mendukung bahwa kopi aman dan bahkan berpotensi bermanfaat, yang konsisten dengan sebagian besar bukti sebelumnya," kata Carl "Chip" Lavie, MD, kepada theheart.org | Kardiologi Medscape.

 

 "Kami tidak meresepkan kopi untuk pasien, tetapi bagi mayoritas yang menyukai kopi, mereka dapat didorong untuk meminum beberapa cangkir setiap hari," kata Lavie, dari Ochsner Heart and Vascular Institute di New Orleans, Louisiana.

 

Studi ini diterbitkan online tanggal 27 September 2022 di European Journal of Preventive Cardiology. 

 

Manfaat Kardiovaskular Yang Jelas

 

Penelitian ini dilakukan dengan partisipan sebanyak 449.563 (usia rata-rata 58 tahun; 55% wanita), tidak pernah mengalami aritmia atau keluhan dan gejala jantung lainnya diawal penelitian. Partisipan lalu diminta untuk melaporkan tingkat asupan kopi harian mereka dan jenis kopi yang disukai melalui isian kuesioner.

 

Selama lebih dari 12,5 tahun masa follow up, 27.809 (6,2%) peserta meninggal. Minum 1 sampai 5 cangkir/hari kopi bubuk atau kopi instan (tetapi bukan kopi tanpa kafein) dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam insiden aritmia. Risiko terendah adalah 4 hingga 5 cangkir/hari untuk kopi bubuk (rasio bahaya [HR] 0,83; 95% CI, 0,76 - 0,91; P < .0001) dan 2 hingga 3 cangkir/hari untuk kopi instan (HR, 0,88; 95% CI, 0,85 - 0,92; P < .0001).

 

Kebiasaan minum kopi hingga 5 cangkir/hari juga dikaitkan dengan penurunan risiko kejadian CVD yang signifikan, jika dibandingkan dengan orang-orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Pengurangan signifikan risiko penyakit jantung koroner (PJK) dikaitkan dengan kebiasaan konsumsi kopi hingga 5 cangkir/hari, dengan risiko terendah untuk PJK diamati pada mereka yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir/hari (HR 0,89; 95% CI, 0,86 - 0,91; P < .0001). Konsumsi kopi di semua tingkatan dikaitkan dengan penurunan yang signifikan dalam risiko gagal jantung kongestif (CCF) dan stroke iskemik. Risiko terendah diamati pada mereka yang mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir/hari, dengan HR, 0,83 (95% CI, 0,79 - 0,87; P < .0001) untuk CCF dan HR, 0,84 (95% CI, 0,78 - 0,90; P < .0001) untuk stroke iskemik.

 

Kematian karena penyebab apa pun berkurang secara signifikan untuk semua subtipe kopi, dengan pengurangan risiko terbesar terlihat dengan 2 hingga 3 cangkir/hari untuk tanpa kafein (HR, 0,86; 95% CI 0,81 - 0,91; P <.0001); tanah (HR, 0,73; 95% CI, 0,69 - 0,78; P < .0001); dan kopi instan (HR, 0.89; 95% CI, 0.86 - 0.93; P < .0001).

 

"Konsumsi kopi dikaitkan dengan manfaat kardiovaskular dan tidak boleh dihentikan secara empiris pada mereka yang memiliki gangguan irama jantung atau penyakit kardiovaskular," kata Kistler kepada theheart.org | Kardiologi Medscape.

 

Mekanisme yang Masuk Akal

 

Ada sejumlah mekanisme yang diusulkan untuk menjelaskan manfaat kopi pada CVD.

 

"Kafein memiliki sifat antiaritmia melalui penghambatan reseptor adenosin A1 dan A2A, maka akan ada perbedaan efek kopi tanpa kafein vs berkafein pada gangguan irama jantung," jelas Kistler.

 

Kopi juga memiliki efek vasodilatasi dan kopi juga mengandung polifenol antioksidan, yang mengurangi stres oksidatif dan memodulasi metabolisme.

 

"Penjelasan untuk peningkatan kelangsungan hidup dengan kebiasaan konsumsi kopi masih belum jelas," kata Kistler.

 

"Mekanisme diduga termasuk peningkatan fungsi endotel, sirkulasi antioksidan, peningkatan sensitivitas insulin, dan pengurangan peradangan. Mekanisme potensial lainnya termasuk efek menguntungkan dari kopi pada sindrom metabolik," katanya.

 

"Kafein memiliki peran dalam penurunan berat badan melalui penghambatan penyerapan asam lemak usus dan peningkatan tingkat metabolisme basal. Selain itu, kopi telah dikaitkan dengan insiden diabetes mellitus tipe 2 yang secara signifikan lebih rendah," tambah Kistler.
 

Arah Hubungan Tidak Jelas

 

Charlotte Mills, PhD, University of Reading, Inggris, mengatakan penelitian ini "menambah bukti dari percobaan observasional yang menghubungkan konsumsi kopi moderat dengan cardioprotection, yang terlihat menjanjikan."

 

Namun, dengan desain observasional, tidak jelas "ke arah mana hubungan itu berjalan — misalnya, apakah kopi membuat Anda sehat atau orang yang secara inheren lebih sehat mengonsumsi kopi? Uji coba terkontrol secara acak diperlukan untuk sepenuhnya memahami hubungan antara kopi dan kesehatan sebelum rekomendasi dapat diberikan," kata Mills kepada Science Media Centre nirlaba Inggris.

 

Annette Creedon, PhD, ilmuwan nutrisi dari British Nutrition Foundation, mengatakan bahwa ada kemungkinan responden menilai terlalu tinggi atau terlalu rendah jumlah kopi yang mereka konsumsi pada awal penelitian ketika mereka melaporkan sendiri asupannya.

 

"Oleh karena itu sulit untuk menentukan apakah hasil dapat secara langsung dikaitkan dengan perilaku konsumsi kopi yang dilaporkan pada awal penelitian," katanya kepada Science Media Center.


 

PS: Jadi, walaupun terbukti bisa menurunkan resiko penyakit tertentu, namun hubungan yang jelas untuk meningkatkan kelangsungan hidup masih perlu penelitian lebih lanjut. Dan, sayangnya dalam penelitian hanya melihat efek terhadap resiko penyakit Kardiovaskular. Sementara disisi yang lain, konsumsi kopi juga bisa meningkatkan resiko penyakit saluran kemih seperti Batu Saluran Kencing Ataupun Batu Ginjal tidak mendapat porsi pembahasan.


 

Original Source: MedScape
Sumber Lainnya: P2PTM Kemenkes


Terima kasih telah mengunjungi dan membaca artikel di website kami. Dapatkan Update Artikel dengan cara mengikuti beberapa Link berikut:


Facebook: https://web.facebook.com/OfficialCatatanDokter
Telegram : https://t.me/catatandokter atau @catatandokter

 

 

Artikel Lainnya

No comments:

Post a Comment

Pages